I LOVE YOU MY GIRL

Aksi Cyber Crime Rugikan Inggris

Aksi Cyber Crime Rugikan Inggris Hingga Puluhan Miliar Pounds


Gambar Ilustrasi. (Foto: google)
Gambar Ilustrasi. (Foto: google)












LONDON (Berita SuaraMedia)  - Setiap tahun, Inggris harus menanggung kerugian hingga 27 miliar poundsterling akibat tindak kejahatan di dunia maya, atau cyber crime.

Beberapa kejahatan internet antara lain, serangan terhadap sistem komputer, kegiatan mata-mata industri dan pencurian rahasia perusahaan.
Akibat tindakan ini saja, pemerintah Inggris harus menelan kerugian setidaknya 21 miliar pounds.

Menteri Pertahanan Pauline Neville-Jones mengklaim, cara terbaik mengatasi permasalahan ini adalah dengan menjalin kerjasama kuat antara pihak swasta dan pemerintah untuk mengacaukan jaringan kriminal tersebut, bukan hanya mengandalkan tindakan hukum.

"Saya sendiri kurang yakin, cara terbaik melawan kejahatan ini hanya mengandalkan hukuman. Saya rasa, akan lebih baik jika kita menyediakan pertahanan yang lebih baik sekaligus mengacaukan jaringan mereka," cetus Neville-Jones diberitakan Telegraph, Jumat (27/5/2011).
"Terkait terorisme, jika hanya mengandalkan hukuman, kita akan mengalami banyak insiden hingga saat ini. Kita juga harus 'mengganggu' aktivitas mereka," lanjutnya.

Berdasarkan laporan konsultan Detica, cyber crime di Inggris menyebabkan kerugian hingga 1.000 pounds per detik.

Pencurian properti intelektual seperti desain, formula serta rahasia-rahasia lain perusahaan menyebabkan kerugian hingga 9,2 miliar pounds, di mana perusahaan yang bergerak di bidang farmasi, bioteknologi, elektronik, IT dan kimia mengalami kerugian terbesar.

Sementara, kegiatan mata-mata industri menyebabkan kerugian mencapai 7,6 miliar pounds.

Bukan hanya pemerintah, cyber crime juga merugikan warga masyarakat hingga 3,1 miliar pounds per tahunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger